SELAMAT-DATANG

Assalamu'alaikum warohmatullohi Wabarakatuh
SELAMAT DATANG KE TEMPAT KAMI DI MERDUT (MERPATI DUTA )
hatur nuhun .....

dukung persib

CLOSE FRIEND

23 Desember 2008

MATEMATIKA ABAD 21

STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ABAD XXI
Oleh Budi Murtiyasa
Universitas Muhammadkiyah Surakarta

Pendahuluan
Matematika berkembang sejak dimulainya peradaban manusia. Ini berarti
bahwa bidang garapan matematika adalah seluas aktivitas manusia.
Untuk itu mudah dipahami bahwa matematika berkembang dan
diaplikasikan pada berbagai bidang dan disiplin.Karenanya, setiap
manusia menjadi ahli matematika pada bidangnya masing-masing. Hal ini
berakibat bahwa matematika tumbuh dan berkembang tidak saja oleh para
ahlimatematika sendiri, tetapi juga banyak temuan matematika yang
dilakukan oleh para ahli non-matematika. Phenomena pengembangan
matematika oleh para hali non-matematika menjadimenarik untuk dikaji.
Ini disebabkan adanya kecenderungan bahwa banyak temuan-temuan baru
di bidang matematika tidak dihasilkan oleh para ahli matematika,
tetapi justru dihasilkan oleh para ahli non-matematika. Tulisan ini
mencoba memaparkan kondisi pembelajaran matematika, khususnya di
Indonesia, yang terlalu menghasilkanformali sme di dalam matematika,
serta beberapa pemikiran strategi yang dapat dilakukan untuk
pengembangan pembelajaran matematika pada abad ini.

Tulisan lengkap ada di http://groups. yahoo.com/ group/think_ cow/file

KOMPONEN KURIKULUM

PRINSIP DAN KOMPONEN KURIKULUM

Kurikulum merupakan suatu sistem yang memiliki komponen-komponen tertentu. sistem kurikulum terbentuk oleh empat komponen, yaitu komponen tujuan, isi kurikulum, metode atau strategi pencapain tujuan dan komponen evaluasi. Sebagai suatu sistem setiap komponen harus saling bekaitan satu sama lain. Manakala salah satu komponen yang membentuk sistem kurikulum terganggu atau tidak berkaitan dengan komponen lainya, maka sistem kurikulum pun akan terganggu pula.

Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum menunjuk pada pengertian tentang berbagai hal yang harus dijadikan patokan dalam menentukan berbagai hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum, terutama dalam fase perencanaan kurikulum (curriculum planning), yang pada dasarnya prinsip-prinsip tersebut merupakan ciri dari hakikat kurikulum itu sendiri. Esensi dari pengembangan kurikulum adalah proses identifikasi, analisis, sintesis, evaluasi, pengambilan keputusan dan kreasi elemen-elemen kurikulum.

Berkenaan dengan model-model dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, maka bab 3 ini akan akan mengantarkan Anda untuk akan memahami komponen-komponen pengembangan kurikulum yang meliputi komponen tujuan, isi kurikulum, metode atau strategi pencapain tujuan dan komponen evaluasi. Dan pada kegiatan belajar 2 itu Anda juga memahami berbagai hal yang terkait dengan prinsip pengembangan kurikulum, sumber-sumber prinsip, berbagai tipe prinsip dalam pengembangan kurikulum.
Secara spesifik setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat:
1. Menjelaskan landasan komponen-komponen pengembangan kurikulum.
2. Mengidentifikasi komponen-komponen pengembangan kurikulum dalam perencanaan program pembelajaran dan pendidikan.
3. Menganalisa komponen-komponen pengembangan kurikulum yang perlu dijadikan dasar pertimbangan dalam menyusun program pembelajaran dan pendidikan.
4. Menjelaskan pengertian prinsip pengembangan kurikulum.
5. Menjelaskan sumber-sumber prinsip pengembangan kurikulum.
6. Menjelaskan berbagai tipe prinsip dalam pengembangan kurikulum.
7. Memberikan contoh macam-macam prinsip dalam pengembangan kurikulum.