STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ABAD XXI
Oleh Budi Murtiyasa
Universitas Muhammadkiyah Surakarta
Pendahuluan
Matematika berkembang sejak dimulainya peradaban manusia. Ini berarti
bahwa bidang garapan matematika adalah seluas aktivitas manusia.
Untuk itu mudah dipahami bahwa matematika berkembang dan
diaplikasikan pada berbagai bidang dan disiplin.Karenanya, setiap
manusia menjadi ahli matematika pada bidangnya masing-masing. Hal ini
berakibat bahwa matematika tumbuh dan berkembang tidak saja oleh para
ahlimatematika sendiri, tetapi juga banyak temuan matematika yang
dilakukan oleh para ahli non-matematika. Phenomena pengembangan
matematika oleh para hali non-matematika menjadimenarik untuk dikaji.
Ini disebabkan adanya kecenderungan bahwa banyak temuan-temuan baru
di bidang matematika tidak dihasilkan oleh para ahli matematika,
tetapi justru dihasilkan oleh para ahli non-matematika. Tulisan ini
mencoba memaparkan kondisi pembelajaran matematika, khususnya di
Indonesia, yang terlalu menghasilkanformali sme di dalam matematika,
serta beberapa pemikiran strategi yang dapat dilakukan untuk
pengembangan pembelajaran matematika pada abad ini.
Tulisan lengkap ada di http://groups. yahoo.com/ group/think_ cow/file
23 Desember 2008
MATEMATIKA ABAD 21
Diposting oleh UKIR MERDUT di 09.46